Mengenal Perbedaan Antara SEM dan SEO

Mengenal Perbedaan Antara SEM dan SEO
Mengenal Perbedaan Antara SEM dan SEO

Mengenal Perbedaan Antara SEM dan SEO ini memang harus kita kenal atau ketahui bila kita mulai belajar mengenai digital marketing. Bukan hanya antara SEM dan SEO saja yang harus kita pelajari tapi banyak istilah-istilah yang harus kita ketahui juga. Sementara ini kita untuk mencoba mengenal Perbedaan SEM dan SEO, berikut sedikit ulasan perbedaannya.

Apa itu SEM?

SEM ini memiliki singkatan dari kepanjangan “Search Engine Marketing” ini adalah salah satu cara untuk dapat mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada hasil pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid ads).

Dalam industri digital marketing, SEM seringkali diartikan secara langsung sebagai paid search atau lebih spesifik lagi AdWords. Sama halnya dengan SEOSearch Engine Optimization“, SEM sebenarnya tidak hanya terpaku pada Google saja, masih ada alternatif mesin pencari lain seperti Bing Ads. Jadi SEM lebih dikenal sebagai metode promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas website anda pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun karena mayoritas user hanya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, SEM sering diartikan sebagai PPC (pay per click) atau AdWords.

Beberapa metode beriklan yang merupakan bagian dari SEM adalah paid search ads dan CPC/CPM advertising. Biasanya SEM juga dikombinasikan dengan SEO untuk memberikan hasil yang lebih baik pada hasil pencarian.

Perbedaan SEM dan SEO

Perbedaan paling mendasar antara SEM dengan SEO ini adalah lamanya waktu.

Seperti pada kegiatan Kursus SEO dengan SEO biasanya website anda baru mendapatkan peringkat (halaman 1) setelah 3 bulan atau lebih, bahkan bisa jadi website anda tidak akan pernah kebagian halaman pertama karena kompetisinya sudah ketat sekali (tergantung keyword yang anda incar), sedangkan dengan SEM website anda bisa langsung tampil di halaman 1 secara instan (selama anda bersedia membayar).

Dengan SEM anda harus terus-terusan mengeluarkan uang untuk mendapatkan visibilitas pada mesin pencari, tentu ini bukan investasi jangka panjang yang baik, sebaliknya dengan SEO walaupun lebih repot karena harus optimasi sana-sini, namun kedepannya anda bisa mendapatkan hasil pencarian organik terus-terusan secara gratis sehingga akan sangat menghemat budget marketing anda.

Saran kami untuk jangka pendek gunakanlah SEM, sedangkan untuk planning jangka panjang mulailah terapkan optimasi SEO pada website anda.

Mana yang lebih baik SEO atau SEM?

Sebenarnya antara SEO & SEM tidak perlu dibandingkan mana yang lebih baik karena keduanya akan lebih baik jika dijalankan secara bersamaan. Namun anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Menggunakan SEM apabila :

  • Anda memiliki budget marketing yang lebih
  • Anda ingin hasil yang cepat (jangka pendek)
  • Anda tidak mau repot dengan optimasi/teknik SEO

Menggunakan SEO apabila :

  • Anda ingin hasil jangka panjang secara continue
  • Anda tidak memiliki banyak budget untuk beriklan

Secara praktek memang belajar SEO akan lebih merepotkan daripada SEM, dengan SEM anda tinggal melakukan sedikit optimasi, bayar, dan website anda akan segera muncul pada hasil pencarian.

Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing, apakah anda ingin hasil cepat? Atau anda ingin hasil yang sedikit lebih lama namun lebih hemat? Jika anda ingin mempromosikan sebuah website/situs yang masih baru, SEM dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun untuk jangka panjang, tentu SEO adalah pilihan yang jauh lebih baik (dengan biaya yang lebih sedikit pula).

Keuntungan lebih dari menggunakan teknik seo adalah kita dapat mempromosikan produk yang kita punya dengan menggunakan artikel review tanpa batas tanpa dikenakan biaya. Apapun metode yang anda pilih, perlu diingat bahwa tujuan dari kedua teknik ini adalah untuk mendatangkan trafik yang relevan ke situs anda. Masih ada strategi marketing lainnya seperti sosial media, email marketing, dan semacamnya, sehingga jangan selalu menggantungkan sepenuhnya bisnis anda pada SEO/SEM saja, ingatlah juga untuk mempertimbangkan channel marketing lain dan juga meningkatkan kualitas layanan/produk yang anda jual.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*